Rabu, 19 Desember 2018

Pengertian Pelek, Fungsi Pelek, Konstruksi Pelek Dan Tipe-tipe Pelek Beserta Spesifikasinya


PELEK (DISC WHEEL)

Pelek merupakan komponen yang vital bagi keselamatan dalam pengemudian, sehingga harus cukup kuat menahan beban vertikal dan beban samping, gay pengendaraan dan pengereman, serta berbagai gaya yang menumpunya. Pelek juga harus seringan mungkin dan harus balance sehingga dapat berputar dengan milis pada kecepatan tinggi dengan rim yang dirancang dengan tepat agar dapat menahan ban dengan kuat.

Pelek diikat dengan kuat pada baut tanam (hub bolt) yang dipasang pada axle hub dengan mur roda. Mur roda dibuat sedemikian rupa sehingga pelek dapat menempatkan posisinya dengan tepat dan center secara otomatis pada axle hub saat pemasangan.
Konstruksi pelek



Tipe Pelek

Pelek dapat dibedakan menurut metode pembuatan dan bahannya. Ada dua tipe yang umumnya digunakan sekarang, yaitu baja press dan campuran besi tuang (cast-light alloy).

1. Pelek Baja Press
Pelek tipe (pressed-steel disc wheel) ini terdiri atas rim yang dilas ke disc. Disc dibuat dari lembaran baja uang dipres. Konstruksi seperti ini mudah untuk diproduksi dalam jumlah yang banyak. Pada umumnya mobil menggunakan tipe ini karena tahan lama dan kualitasnya merata.




2. Pelek dari bahan campuran besi tuang
Pelek (cast light-alloy disc wheel) ini terbuat dari bahan campuran biasanya dari alumunium atau magnesium. Pada umumnya digunakan untuk mengurangi berat dan menambah penampilan kendaraan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menangani pelek alumunium berikut ini adalah :
  • Pada kendaraan yang menggunakan pelek alumunium, bila melepasnya untuk sementara, umpannya untuk rotasi ban, perbaikan, atau bila memasang pelek yang baru pada kendaraan, maka setelah 1500 km roda dipasang periksalah kekerasan mur rodanya.
  • Bila menggunakan rantai ban, berhati-hatilah memasangnya agar tidak merusak alumunium.
  • Gunakanlah khusus untuk pelek alumunium.
  • Bila perlu membaca cerita roda, gunakanlah balance weight khusus untuk pelek alumunium. Gunakanlah palu plastik atau karet dan bukan logam untuk memasangnya.
  • Seperti halnya pelek jenis lainnya, periksalah pelek alumunium secara teratur.



SISTEM KODE SPESIFIKASI PELEK

Kode spesifikasi pelek
Kode spesifikasi pelek


Ukuran pelek tercetak pada permukaan pelek itu sendiri. Biasanya meliputi lebar, bentuk diameter pelek.
Misalnya : 5.50  F  x  15 SDC
Keterangan :
5,50 : Lebar pelek (dalam inchi)
F : Bentuk flens pelek
15 : Diameter pelek (dalam inchi)
SDC : Tipe rim

10 komentar: